saya dan PERSIB

OK... ini bukan tulisan pertama gue yang membicarakan tentang tim sepak bola lokal satu itu. asli Jawa Barat dan berhasil meng-influence gue.



kalo gue boleh sedikit ngasih review informasi terbaru tentang PERSIB, maka yang pertama akan gue tulis adalah perihal kekalahan (ehm *selip) di pertandingn home penutup musim ini.
Yak! kalah dari Persiram itu sesuatu yang ga enak.

elah!!! emang ada gitu kekalahan yang enak???

jadi sama gitu kayak pernyataan:
"cinta ga harus memiliki" 
terdengar sangat babik dan gue secuilpun ga sepakat. ya, semua kekalahan itu nyesek meskipun awal2 berusaha menguatkan diri atau bilang:
"yang namanya pertandingan pasti ada yang menang dan ada yang kalah" 
atau cuma biar dibilang 'kuat banget'? heyyyya!!!

kesel. marah. sakit. nyesek. seketika menyerang saat tim yang lo dukung kalah. iyagak? apalagi kalo lo udah bener2 fanatis sama tim itu.
tapi biar gimana akhirnya juga harus menerima. tetep ngedukung dengan cerdas dan bermartabat.

lo bisa postingan lain gue tentang ini di UNTUK PERSIB TANPA SYARAT. itu gue comot dari blog gue yang atu. enjoy reading :)

saya dan PERSIB, seperti sepasang sepatu.
berjalan beriringan.
gue ga menuntut banyak, cukup dengan terus solid dan gue akan bahagia menjadi bagian dari sepatu itu.

kenapa PERSIB?

yak, pertanyaan itu selalu terdengar seperti "ga ada tim lain yang lebih baik ya? MU Barca Madrid Arsenal?"

gue ga paham juga pal. yang pasti sejak jaman gue SMA dulu, ini tim satu udah menyita perhatian. dan gue ga pernah pindah ke lain hati at least 6 tahun. itu waktu yang ga lama, ada yang suka persib dari lahir. wkwk

apa karena lo agak punya darah Jawa Barat?

eh ga juga kali. bapak gue emang mulus gila bahasa sunda-nya, tapi darah yang mengalir ke gue bukan darah sunda, bukan juga darah jawa, yaaa semi blasteran AB dan B murni. haaaaak!!! oke, sedikit darah sunda ini gue iyakan lah, mungkin ada benernya juga. proud Purwakarta :) tapi kan dulu jga ada tim Pelita Jaya Purwakarta, yang lebih spesifik. malahan sekarang jadi Pelita Bandung Raya.
tapi kenapa gue tetep PERSIB BANDUNG saja?
*elah!!! itu tadi ga paham bener gue pal. yaaa meskipun kalo misalkan iya (darah sunda ini punya pengaruh terhadap kecintan gue untuk PERSIB), ini akan siasia kalo gue ga mengapresiasi dan memng menutup hati untuk mencintai PERSIB. iya tooo :) mungkin penjelasan agak kerennya lo bisa baca disini ---> passionate PERSIB

pengalaman lo selama jadi pendukung PERSIB?

kalo pengalaman di lapangan, yaaaa gue bisa dibilang ga punya (alasannya nanti gue jelasin). gue gampangnya kalo lo mu bilang 'bobotoh layar kaca' its OK lah. ga masalah juga sih. kenyataannya emang dmikian dan gue ga merasa tersinggung kalo memang demikian.

gue belum pernah nonton PERSIB di stadion (kalo lo percaya). waktu gue kelas 3 SMA, persib main home lawan seteru abadinya ---> PERSIJA. dan gue ditawarin bahkan udah dipesenin tiket untuk nonton dan berangkat bareng dari kota gue. namun jalan terakhir yang gue tempuh nampaknya membuat segalanya yang didepan mata pupus seketika....

saat bokap gue ga ngasih acc dengan alasan keamanan dan menjelang ujian nasional kala itu. bokap emang ga pernah setuju dengan permintaan gue yang satu itu, sama siapapun. bahkan ketika persib bertandang ke Purbalingga, itu cuma 1 jam dari tempat gue bahkan ga nyampe 1 jam. dan gue masih dilrang untuj nonton. nyesek rasanya, marah. tapi apalah.... yang namanya nyesel itu kejadiannya ya belakangan. haaaak!!!

tapi dengan cuma menikmati setiap match dari layar kaca bukan berart gue kehilangan esensi doong. gregetnya tetep ada dan bahkan gue jadiin ruang nnton tvsebagai zona pribadi setiap persib main. itu arena gue gabisa diem. ga bisa santai apalagi kalo kamera nyorot tribun penonton di stadion saat pertandingan home. rasanya pgen blesekin tubuh gue ke tv :D

selanjutnya adalah super panas pertandingan kemaren



PERSIJA vs PERSIB

28 Agustus 2013 di stadion Maguwoharjo Sleman. partai usiran tim ibukota itu *ehm (selip) berakhir dengan hasil imbang 1 - 1.
setelah tertinggal 1 goal akhirny PERSIB berhasil menyamakan kedudukan. ehk! gol persija dilesahkan oleh EX-pemain PERSIB ---> M Ilham. (oke... profesional mang). dan goal PERSIB oleh sir Dijk :) ---> applause untuk pemain persija dengan nopung 28 (kalo ga salah). haaak!!!



lengkapnya sila meluncur kesini saja REVIEW persija v PERSIB



after the match.... banyak yang memprediksikan akan terjadi kerusuhan dkk. ya ga bisa dihindarkan juga. mau persija ataupun persib yang menang, lebih2 hasil imbang begini.
dari mulai beberapa lemparan botol air mineral saat pertandingan berlngsung yang berasal dari tribun bobotoh sampai perlakuan rasis yang dilakukan pendukung persija pada Mbida Messi.

semua itu mengingatkan gue pada kejadian Minggu 27 Mei 2012. trauma dengan kerusuhan dan ngebuat gue selalu emosi setiap lihat ada suporter (tim manapun) yang datang ke stadion tapi masih aja ngegoblok rasis rusuh. perlu gue bilang --> jadilah suporter yang CERDAS!

INI dan YANG INI adalah 2 postingan gue tahun 2012 silam tentang pertandingan PERSIB dan (alm) Rangga Cipta Nugraha.

kalo mau dibkin general aja, Indonesia sebenernya punya pasar yang menjanjikan di sepak bola tinggal gimana ngakomodir sumber daya yang ada aja.dan jangan kebanyakan ditilep sama pihak yang itu itu.

yagak sih kita jadi orang indonesia selalu ngebanggain negara lain tiap piala dunia, haaaaak!!! soalnya ga ada indonesia disana, itu alasan kenapa ungkapan "Support Tour Local Team" ya berlakunya untuk sebagian orang aja (ya sebagian besar) dan masih ada mereka dalam sebagian kecil masyarakat yang masih enggan mengenal tim lokal.

secara pribadi, gue memahami alasan mereka. tanpa feel dan hanya intervensi mereka ga akan bisa menjadi nyawa untuk sebuah tim. makanya jangan paksa orang lain untuk follow dengan apa yang lo yakini, (jangan menerapkan sesuatu yang lo yakini pada orang lain dengan paksaaan). *wink!

pahamnya gue: adalah dengan carutmarutnya sepakbola kita dari mulai hemat prestasi, pemain ada yang mogok latihan gegara belum dikasih haknya (perlu gue Cc-in tim oren tetangga yng sempet mogok latihan?). sampe kasus terdahulu Mindieta. sila baca disini dan disiniii

dan yang sedang FRESH FROM THE OVEN adalah pak menpora yang lupa lirik lagu kebangsaan :O cek youtube sajalah ya... mariii saya tuntun anda untuk meluncur kalo yang kemaren ga sempat lihat secara langsung ----> Pak Men lupa Indonesia Raya 



entah karena grogi nyanyi di depan ribuan suporter atau memang sudah lupa karena lama ga ikut upacara bendera :) pernyataan pak Men

apapun itu, adalah hak masing2 orang untuk menentukan pilihannya tnpa intervensi.
saat memilih untuk menjadi bagian dari tim lokal, maka itu adalah pilihan tepat,

namun...

ketika memilih untuk menjadi bagian dari tim asing, itu buknlah pilihan yang salah.

sekarang yang jadi masalah hanyalah membedakan antara...

suporter CERDAS dengan suporter GOBLOK.


salam damai suporter santun :)

Bobotoh Persib








Comments

Popular Posts